Jumat, 01 September 2017

Indahnya Hijab Bagi Muslimah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah saya bisa berkesampatan menulis lagi disini 😊 Kali ini saya akan membahas tentang  hijab, walaupun sudah saya sampaikan ya tapi itu bukan dari tulisan saya melainkan dari penggalan postingan dari sebuah akun tausiyah khusus perempuan. Dan kali ini saya mau curhat mengenai hijab. Hehe

Alhamdulillah, saya mulai mengenakan hijab itu ketika saya masih smp. Saat itu memang sebuah tuntutan karena sekolah saya diharuskan memakai hijab tapi alhamdulillahnya itu kebawa dalam kehidupan sehari-hari saya. Hijab selalu saya pakai ketika keluar rumah, hal itu membuat saya jauh lebih percaya diri. Saya belum mengetahui keistimewaan dari hijab namun yang saya tahu saat itu adalah hijab merupakan kewajiban bagi  seorang perempuan dalam Islam.

Siapa bilang kalau memakai hijab harus hatinya dulu yang dihijabi. Salah, buktinya saya, hehe. Saya mengakui bahwa saya berhijab saat itu belum seutuhnya berhijab karena hati saya masih jelek bahkan ilmu agama aja masih pas-pasan. Tapi bukan berarti sekarang hatinya udah baik dan ilmu agama bagus ya? Bukan, justru saat ini saya sedang belajar cara memantaskan diri melalui ilmu agama yang saya dapat, Insya Allah akan merubah hati atau perilaku kita dalam kesehariannya.

Dulu saya pernah kok pakai pakaian yang ketat seperti kaos, celana jeans dan kerudungpun belum menutup dada dengan sempurna. Saya juga melalui proses itu tapi alhamdulillah, Allah memberikan jalan yang sangat istimewa. Saya sudah diketukkan hatinya sejak masih sekolah untuk mengenakan hijab walaupun perilaku atau sifat saya masih jauh dari kata baik. Allah memberikan jalan kepada setiap hamba-Nya yang mau berusaha. Semua butuh proses dan melalui proses itu kalian akan belajar banyak hal.

Bagi kalian yang masih buka tutup hijab, sebaiknya tutup hijab kalian dengan sempurna karena dengan hijab bisa menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Saya dan kalian seorang muslimah adalah perhiasan yang harus dijaga keindahannya, bukan? Tidak inginkah seperti mutiara? Dia terjaga baik didalam cangkang kerang dan terlindindungi dari segala bahaya. Seperti halnya hijab, dengan hijab kalian yang seperti mutiara terjaga dari pandangan laki-laki. Ketika kita menyibakkan hijab kita, apa yang dipikirkan laki-laki? Kita tidak tahu, tapi akan jauh lebih baik untuk menjaga diri agar lawan jenis tidak memandangi kita yang bisa mengakibatkan pada dosa. Bukankah perempuan adalah perhiasan yang harus dijaga, seperti dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihiwassalam, “ Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shaleha” (HR Muslim)

Perintah menutup aurat bukan dari saya ya? Hehe, melainkan perintah langsung dari Allah subhanahu wata’ala. Seperti penggalan surat Al-A’raf ayat 26, “ Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik”

Riwayat untuk menutup aurat sebenarnya cukup banyak, namu saya tidak bisa menuliskan terlalu banyak. Baiklah sebagai referensi, berikut diantaranya adalah
QS. An-Nur:31 “ Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak darinya dan hendaklah mereka menutupkain kain jilbab ke dadanya

Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda kepada asma’ ra, “ Wahai Asma’ sesungguhnya wanita itu apabila telah dewasa tidak layak kelihatan darinya kecuali ini dan ini (sembari beliau menunjuk ke wajah dan kedua telapak tangan beliau)” (HR Abu Daud)

Dan ini adalah salah satu hadits apabila menggunakan hijab namun masih seperti telanjang,
Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda bahwa, “ Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: satu, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia, dan dua, para wanita yang berpakaian telanjang, berlenggak lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian” (HR. Muslim)

Potongan-potongan ayat dan hadits diatas sudah secara tegas memerintahkan kepada kita para kaum hawa untuk mengenakan hijab yang sempurna. Lalu, kalau kita lihat di berbagai negara banyak model berhijab tuh buat muslimah. Baik, selama pakaian itu masih menutup aurat dengan baik dan tidak ketat menurutku sih sah-sah saja. Hal itu merupakan sebuah khazanah dalam keberagaman umat manusia. Yang penting kita meyakini bahwa pakaian yang kita kenakan tidak mengundang perhatian atau tidak menyebabkan diri kita sombong namun tetap ingat ya tertutup dengan baik.

Curhat dikit ya, saya alhamdulillah menerima hidayah yang luar biasa ketika kuliah di semester akhir saya. Saya mulai mengenakan pakaian yang syar’i itu karena saya banyak membaca postingan dari media sosial tentang pentingnya menjaga aurat dan mengenakan pakaian yang syar’i bagi perempuan muslim. Saya sangat berterimakasih kepada admin itu yang selalu memberikan sebuah inspirasi bagi saya, semoga rahmat Allah selalu tercurahkan kepada mereka. 🙏

Alhamdulillah, setelah saya mencoba mengimplementasikan perintah Allah untuk memakai pakaian yang syar'i,  Allah selalu memberikan kemudahan baik dalam urusan dunia maupun belajar mendalami agama. Masya Allah, jika niat dikarenakan untuk menggapai ridha Allah semua itu akan mudah. Allah akan selalu memberikan jalan dari arah manapun, Masya Allah.

Sulit untuk mengekspresikan betapa baiknya Allah kepada hamba-Nya. Saya yakin, jika kalian merasakan betapa dekatnya Allah, tiap detik dalam ingatan kalian membuatmu menangis karena mengingat begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan.

Jadi sahabat muslimahku, sampai kapan kita terus mengenakan hijab tapi tetap saja berlaku sombong, ingin dipuji karena cantik dan dikata lebih muda. Sampai kapan hijab hanya digunakan sebagai trend fashion saja, sampai kapan hijabmu benar-benar kamu gunakan karena Allah? Sampai kapan??? Sahabat muslimahku, jika sekarang kalian masih dalam proses, sungguh saya sangat bersyukur. Mungkin sekarang belum, tapi suatu saat Insya Allah hidayah akan menghampirimu, suatu saat 😊Saya sangat menghargai kalian yang sudah mau berhijab walaupun belum sempurna, setidaknya kalian sudah berusaha untuk menaati perintah Allah. Mari, belajar ilmu agama Islam lebih dalam lagi, Insya Allah kalian akan menemukan manisnya Islam selama proses belajar itu.

Kesempatan kali ini mungkin cukup dulu ya, sedikit curhatan dari saya semoga bisa memberikan sedikit saja kesempatan untuk mengoreksi diri kita sendiri. Begitu pula dengan saya, yang masih belajar seperti kalian dalam mengoreksi diri, maybe kalian jauh lebih baik dari saya. Hehe

Mohon maaf jika ada suatu perkataan yang tidak mengenakkan, tolong beritahu saya kalau ada yang salah atau tidak berkenan. Terimakasih
Wassalamu’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar