Sabtu, 04 Maret 2017

Nggak Ada Salahnya Dengerin Nasheed Ini! Tenang Dengan Lantunan Dan Ajakan Untuk Mengingat Allah

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menuliskan ratusan rangkain kata yang Insha Allah bermanfaat. Saya sendiri tidak ingin menulis sebuah diary yang membual dan sia-sia, saya hanya ingin berbagi tulisan yang tidak hanya bermanfaat bagi saya tapi juga orang lain.

Untuk kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa nasheed yang sering saya dengarkan atau sebuah syair yang mampu mengingat Allah. Tapi sebaiknya sih, lebih sering mendengarkan murottal yah, karena pahala mendengarkan bacaan Al-Qur’an sama halnya dengan yang membaca. Hehe

Tapi tidak ada salahnya kan, ketika sedang bekerja atau belajar terkadang boring bisa sisipin satu atau beberapa nasheed diantara surat-surat dalam Al-Qur’an yang sedang didengarkan. Selain lagu Maher Zain, Raihan ada beberapa penyair yang saya suka, mungkin ini bisa menjadi bahan rekomendasi teman-teman ya. Oiya nasheed yang saya rekomendasikan ini biasanya menggunakan bahasa Inggris jadi, kalau nggak ngerti artinya bisa translate sendiri ya. Saya mah belum ahlinya. Hehe

A. Omar Esa

Saya sangat suka nasheed yang dibawakan oleh Omar Esa ini, selain memiliki suara yang merdu dan halus, nasheed-nasheednya itu menyentuh. Terkadang ada beberapa nasheed yang menyejukkan karena mengajak untuk mengingat Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam. Bahkan Omar Esa juga mencover lagu-lagu barat yang diganti liriknya dengan mengingat Allah.

Judul nasheed dari Omar Esa yang sering saya dengarkan diantaranya:
1. Dawah (ft Muslim Belal)
2. Syria You Are Not Alone (ft all artist)
3. Let’s Pray
4. Happy (CoverHappy ‘Pharrel William)
5. Muhammad (Peace Upon Him)
6. See You again (cover ‘See you again’ Wiz Khalifa)
7. Mawlaya Salli
8. The One and Only
9. The Story of Taif
10. Ya Rabbi
11. Tum Hi Ho (Cover 'Tum Hi Ho')
12. Hello (Cover 'Hello' by Adelle)

Yang no. 11 dan 12 saya cuma dengerin via youtube. Mungkin temen-temen bisa mencarinya sendiri yah, nggak perlu saya bantuin kan? Hehe. Saya mah masih gaptek 😅

B. Khaled Siddiq


Yang biasanya menganggap rap itu adalah hal yang tabu, berbeda dengan halnya khaled Siddiq. Justru ia  membawakan nasheed dengan unsur rap didalamnya. Tentu rap nya bukan yang biasanya ada pada lagu-lagu barat atau hip-hop pada umumnya ya. Kalau rap pada lagu-lagu pada umumnya menggunakan kata-kata kasar justru khaled Siddiq ini menggunakan kata-kata yang menuntun kita agar selalu mengingat Allah. Masya Allah.

Dari segi suara, khaled Siddiq memiliki suara yang dimiliki pada orang kulit hitam pada umumnya. Suaranya sedikit berat namun nyaring, eh tapi jangan terfokus ke suaraya saja ya. Isi nasheednya itu yang sangat penting soalnya ajakan untuk mengingat Allah.

Judul-judul nasheed Khaled Siddiq yang saya suka diantaranya:
1.Jahiliyah
2. My Love
3. On Deen
4. Ready or Not
5. The Moon
6. Home

Selain itu ada juga beberapa yang saya suka seperti, Muhammad Al Muqit, kalau nasheed ini biasanya menggunakan bahasa Arab. Lalu saya suka Raef, dia sempat safari ramadhan di Indonesia tahun lalu loh. Hihi. Ada juga Labbayk, Humood yang Kun Anta (Familiar banget lagunya ya)

Mungkin cukup dulu kali ya, kalau ada yang  baru atau ada yang saya suka nanti bakal saya share lagi.
Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh 😊

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Request lirik dan terjemahannya dong, terutama punya khaled siddiq. Aku suka hehe

Posting Komentar